Apa Gejala Ketegangan Otot?

Apa Gejala Ketegangan Otot?

Ketegangan otot biasanya disebabkan oleh penggunaan yang terlalu banyak dan aktivitas yang berlebihan. Jika Anda tidak berolahraga dalam olahraga favorit Anda, Anda harus berhati-hati dengan aktivitas fisik Anda, terutama bila melibatkan penggunaan otot Anda. Ketegangan otot, juga disebut sebagai robekan pada tendon atau ligamen, umumnya merupakan cedera pada satu otot atau sekelompok otot – jaringan berserat (otot) yang menghubungkan otot ke tulang. Ketegangan yang lebih serius bahkan dapat melibatkan robekan lengkap atau sebagian dari jaringan jaringan ini, kadang-kadang disebut sebagai otot yang tertarik.

 

Ketegangan otot yang paling umum disebabkan oleh tarikan yang berlebihan pada otot atau ligamen. Menarik dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan bengkak di area otot ditarik. Meskipun beberapa cedera dapat sembuh sendiri, sebagian lainnya memerlukan pembedahan. Anda harus menghindari penggunaan otot yang berlebihan, terutama saat mengangkat benda berat. Penting bagi Anda untuk berusaha memperkuat dan menstabilkan semua otot Anda untuk mencegah cedera di masa mendatang.

 

Ketegangan otot tidak terbatas pada tubuh bagian atas saja. Bahkan tubuh bagian bawah rentan terhadap ketegangan. Ini karena otot pinggul, punggung, dan perut terlibat dalam banyak aktivitas, mulai dari berjalan hingga berlari. Jika satu otot menarik otot lainnya, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan di bagian tubuh lainnya.

 

Ketegangan otot dapat berkisar dari ringan hingga parah. Gejala otot tegang biasanya nyeri, bengkak, dan memar. Terkadang, gejala tersebut juga bisa muncul secara tiba-tiba dan tidak terduga. Anda juga harus berhati-hati terhadap cedera lain di tubuh Anda karena ini bisa menjadi tanda dari kondisi lain yang lebih serius. Dalam kasus yang parah, otot mungkin harus dipisahkan dari sendi dan terkadang bahkan tendon atau ligamen yang terpengaruh mungkin perlu dirobek dari keterikatannya pada tulang.

 

Ketegangan otot biasanya terjadi saat Anda menarik otot selama sesi latihan. Otot biasanya akan mengeluarkan suara letupan saat diregangkan atau dikontrak, tetapi penting untuk tidak mencoba menekan otot terlalu keras karena ini hanya akan memperburuknya.

 

Ketegangan otot juga dapat terjadi selama sesi terapi fisik. Ini biasanya ditunjukkan dengan rasa sakit yang parah, bengkak, dan / atau memar saat Anda mengangkat beban atau menggerakkan lengan atau kaki Anda. Jika Anda mengalami rasa sakit dengan aktivitas ini, Anda harus memeriksakan diri ke dokter dan diberitahu tentang kemungkinan cedera pada area lain di tubuh Anda, terutama jika Anda kelebihan berat badan. Jika rasa sakit atau bengkaknya parah, Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

 

Ketegangan otot juga dapat terjadi dari pemotongan mendadak dalam sirkulasi karena pembuluh darah terjepit atau tertekan di sekitar otot yang rusak. Ini dapat terjadi jika Anda membungkuk dan melukai diri sendiri saat mencoba mengangkat sesuatu atau meregangkan punggung bawah.

 

Ketegangan otot mudah dicegah jika Anda mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral. Anda juga harus berolahraga setiap hari untuk menghindari cedera akibat aktivitas otot yang berlebihan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dengan berolahraga secara teratur, kemungkinan cedera Anda akan berkurang.

 

Gejala umum lain dari ketegangan otot adalah nyeri atau bengkak di sekitar area yang terkena. Ini biasanya terjadi tepat setelah latihan berat. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa Anda tidak dapat bergerak bebas atau membungkuk sama sekali. Kadang-kadang, otot bisa menjadi sangat bengkak sehingga sulit untuk didorong saat Anda membungkuk atau mengambil benda.

 

Jika Anda merasa otot Anda masih kencang, Anda harus berbaring agar otot Anda memiliki waktu untuk rileks dan pulih. Usai berolahraga, cobalah mandi air panas lalu lanjutkan dengan mandi air dingin untuk mengendurkan dan meregangkan otot. Bahkan jika Anda tidak merasa sakit, Anda mungkin ingin beristirahat selama beberapa jam agar otot pulih sebelum kembali ke rutinitas harian Anda.

 

Untuk meredakan nyeri otot, cobalah untuk tidak memuntir, menyentak, atau membebani otot Anda. Jika Anda tidak sengaja menarik otot, pastikan untuk menegakkan tubuh sebelum mencoba berjalan atau berlari. Otot kaki Anda akan berterima kasih karena Anda telah menjaga keseimbangan saat melakukan aktivitas ini.

 

Ketegangan otot sangat umum dan dapat diobati dengan relatif mudah. Jika Anda tidak yakin dengan gejala Anda atau mencurigainya terkait dengan cedera lain, segera hubungi dokter Anda.

Apa Gejala Ketegangan Otot?

Obat Diabetes

Related Posts

Bagaimana Norepinefrin Dapat Membantu Anda

Vaksin Shingles

Bagaimana Obat Antihistamin Bekerja Untuk Mengobati Alergi

NSAID untuk Arthritis – Ketahui Risikonya

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *