Customer Service

10 Pembeli Terakhir

10 Pembeli Terakhir »
No. Nama Tanggal Kota
* Jumlah Terjual : Botol

Berita / Artikel

Berita / Artikel »

Langkah Jitu Menangani Diabetes

15-Apr-2016
Diabetes kerap dihubungkan dengan gula yang manis. Kenyataannya, diabetes tidak semanis gula. Dengan mengenalinya, kita dapat menghindar dari fakta pahit diabetes. 

Dahulu orang senantiasa menduga kalau diabetes cuma bakal terkena oleh beberapa orang berumur lanjut atau beberapa orang yang punya masalah dengan kegemukan saja. Walau sebenarnya sekarang ini diabetes telah jadi satu penyakit yang cukup kerap didapati. Kaum pakar meyakini beberapa besar karena sebab pola hidup yang tak jitu. 

Diabetes melitus (DM) tersebut sesungguhnya adalah masalah kesehatan di mana berlangsung penambahan kadar gula dalam darah (hiperglikemi) serta kadar gula di air seni (glukosuria). Menurut dr. Yunus Tango, Sp. PD dari Tempat tinggal Sakit Tebet, Jakarta, wajarnya kadar gula darah kita ialah 60/120 mg/dl. Sebenarnya badan kita mempunyai system yang bisa lakukan proses metabolisme karbohidrat, lemak serta protein setiap saat kita usai makan. Proses ini bakal merubah gula jadi daya. Jadi selesai makan kadar gula darah kita memanglah bakal bertambah. Namun sesungguhnya ini tidak butuh dikawatirkan. Lantaran hormon insulin bakal bekerja merubah gula darah jadi glikogen yang disimpan di dalam hati serta otot. 

Namun sayangnya bila jumlah atau kualitas insulin kurang baik, jadi kadar gula darah bakal tetaplah tinggi. Kurangnya insulin pada badan umumnya berlangsung lantaran ada masalah pada beberapa sel beta (sel yang bertugas membuahkan insulin) yang ada di pankreas. 

Beberapa Type Diabetes 

Keseluruhannya ada dua tipe diabetes, yakni : 

DM Type I. Dikatakan pula Insuline Dependent Diabetes Mellitus (IDDM). Tipe ini muncul akibat badan kekurangan insulin yang karena sebab reaksi autoimun berbentuk serangan antibody pada sel beta. 
DM Type II. Dikatakan pula Non-Insuline Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM). Ini ialah type diabetes yang muncul lantaran insulin tak bisa bekerja dengan baik lantaran reseptor insulin pada sel menyusut atau beralih susunan hingga cuma sedikit glukosa yang sukses masuk. Mengakibatkan sel alami kekurangan glukosa serta ada penimbunan glukosa dalam darah. 
Gejala serta Penyebabnya Diabetes 

Ada berbagai gejala DM yang dapat dengan gampang dikenali. Intensitas buang air kecil yang amat kerap (terutama pada malam hari) serta cepat terasa lapar dan haus walaupun belum lama makan serta minum ialah yang seringkali diketemukan. Kadang-kadang berat badan penderitanya bakal bertambah awal mulanya. Tetapi sesudah berbagai saat berat badan bakal selalu alami penurunan walau sebenarnya tak tengah melakukan diet sekalipun. Kerap kesemutan, gatal-gatal serta pandangan mata kabur pula dikeluhkan pasien diabetes. 

Sesudah tahu gejalanya, sebaiknya kita pula tahu pemicunya. Terlebih dulu sudah disinggung kalau diabetes bisa berlangsung lantaran ada pola hidup yang kurang jitu. Terutama rutinitas konsumsi makanan manis yang ditambah kurangnya olahraga. Namun tidak cuma itu saja, sebab diabetes termasuk juga tipe penyakit genetis. Berarti bila ada satu diantara anggota keluarga kita yang menderita penyakit ini, jadi kita juga mempunyai resiko bakal mengidapnya. 

Hal-hal lain yang pula ikut menyebabkan serangan diabetes ialah stres. Banyak yang tidak tahu bakal hal semacam ini. Namun dari studi yang dikerjakan oleh World Health Organization temukan kalau mereka yang kerap terasa depresi, tertekan serta geram condong melipat-gandakan resiko terserang diabetes dibanding dengan mereka yang melakukan hidup dengan lebih relaks. 

Langkah Jitu Menangani Diabetes 

Lantas mesti bagaimana? Sudah pasti kita tidak mesti pasrah. Bila orang-tua atau saudara dalam keluarga kita yang menderita penyakit ini, kita dapat lakukan tes toleransi glukosa pada umur 30. Lewat tes ini kita bisa mengukur kadar gula darah serta bagaimana tanggapan badan pada hal itu. BMI (body mass index) pula ikut berpean dalam soal ini, yakni diatas 25. Keadaan medis lain seperti tekanan darah tinggi serta kadar kolesterol tinggi pada badan pula bisa merubah. 

Lantas bagaimana bila dalam keluarga kita tidak ada yang menderita diabetes? Janganlah lengah! Baiknya kita tetaplah lakukan kontrol kesehatan. Tes toleransi dapat kita kerjakan tiap-tiap tiga th. sekali. Tidak cuma itu, olahraga pula dapat menolong turunkan kadar gula darah. Berbagai tipe berolahraga seperti yoga serta meditasi pula bisa menolong badan kita lebih relaks serta bebas stres. Kaum peneliti pula temukan kalau berbagai tipe berolahraga (seperti berolahraga ketahanan) bisa menolong mengatur kadar gula darah. 

Bagaimana dengan makanan? Ya, ini pula utama untuk kita cermati. Gula memanglah bukan hanya satu penyebabnya diabetes. Namun gula bertindak utama dalam memicunya. Karenanya kurangi mengkonsumsi makanan manis (terutama yang memakai pemanis buatan) bisa menolong kurangi resiko terjadinya diabetes. Konsumsi makanan yang kaya serat serta Omega3 ialah pilihan paling baik. Ini bakal menolong tingkatkan sensitivitas insulin pada badan kita. 

Janganlah lupa istirahat yang cukup tidak cuma menghindari kita dari serangan stres. Menurut kaum peneliti dari University of Chicago, mereka yang tidur kurang dari enam jam tiap-tiap malam mempunyai resiko yang tinggi terserang diabetes.

 

 

Berita / Artikel Lainnya :
* Disclaimer :
  • Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi obat ini berbeda-beda pada setiap orang.