Tanda-tanda Pra Diabetes Yang Wajib Anda Ketahui

25-Oct-2015
Pra diabetes adalah arti yang dipakai untuk pasien yang berisiko mengalami diabetes type 2. Dalam keadaan pra diabetes, gula darah telah ada pada angka yang melampaui batas optimal level normal. Saat sebelum berkembang jadi diabetes type 2, keadaan pra diabetes bakal dihadapi lebih dulu. 

Waktu pankreas tak menghasilkan cukup insulin serta jaringan-jaringan pada badan tak mampu memakai insulin dengan sebaik-baiknya, bakal berlangsung diabetes type 2. Insulin adalah hormon utama yang memproses gula jadi daya dan menyajikan cukup konsumsi gula pada otot, lemak serta beberapa sel liver. Waktu berlangsung tidak seimbangan pada insulin, gula tak bisa disalurkan ke beberapa sel serta mengendap didalam darah. Alhasil, gula darah juga bertambah apabila selalu dilewatkan bakal berkembang jadi diabetes. 

Penyebab dari terjadinya pra diabetes ialah ada keadaan kelebihan berat tubuh, tubuh yang tak aktif bergerak, riwayat keluarga yang menanggung derita diabetes dan ada keadaan kehamilan pada wanita yang lalu menanggung derita diabetes gestasional. Tanda-tanda dari keadaan pra diabetes mencakup ada rasa haus yang kerap nampak, kerap buang air kecil, gampang terasa lapar, pandangan yang mengabur serta bobot tubuh yang berkurang tidak ada usaha apa pun. 

Hasil tes penderita pra diabetes bakal tunjukkan beberapa hal di bawah ini. 
1. Hasil tes hemoglobin A1c tunjukkan hasil 5. 7% sampai 6. 4%. 
2. Hasil dari tes puasa glukosa darah ada pada 100 sampai 125 miligram per desiliter. 
3. Hasil tes oral toleransi glukosa atau OGTT ialah 140 sampai 199 mg/dL dalam tempo 2 jam sesudah tes dikerjakan. 

Untuk menghindar keadaan pra diabetes yang umumnya terkena oleh orang dewasa, ada berbagai langkah simpel untuk mengecilkan resiko menanggung derita diabetes, sekaligus resiko penyakit jantung serta obesitas. 
1. Kerjakan kontrol pada bobot tubuh Anda 
Bobot tubuh yang kelebihan serta mendekati keadaan obesitas adalah penyebab paling utama diabetes type 2 pada orang dewasa. Kaum penderita obesitas mempunyai resiko sebesar 20 kali sampai 40 kali semakin besar untuk menanggung derita diabetes apabila dibanding dengan yang memiliki bobot tubuh normal. 

2. Banyaklah bergerak serta kurangi saat di depan monitor digital 
Tubuh yang tidak sering dipakai untuk melakukan aktivitas jadi besar resiko menanggung derita diabetes. Memakai otot-otot pada badan secara lebih teratur bakal tingkatkan kekuatan tubuh untuk memakai insulin sebaik-baiknya dan menyerap glukosa. Pada akhirnya, tak cuma beberapa sel tubuh pembuat insulin saja yang berusaha keras serta berisiko mengakibatkan diabetes. 

Kerjakan kegiatan fisik sesederhana jalan kaki sepanjang 1/2 jam sehari-harinya, untuk kurangi resiko menanggung derita diabetes type 2 sampai sejumlah 30 %. Kerjakan kegiatan jalan kaki ini sekurang-kurangnya lima jam dalam satu minggu untuk manfaat kesehatan yang lebih optimal. Kecuali baik untuk menghindar diabetes, teratur menggerakkan tubuh pula bisa menyehatkan jantung serta segi yang lain dalam periode panjang. 

Jalan lain untuk perbanyak gerak tubuh ialah dengan membatasi mengkonsumsi monitor digital, baik itu tv ataupun internet. Menggunakan saat sejumlah dua jam saja di depan tv tanpa ada bergerak serta sembari makan telah tingkatkan resiko menanggung derita diabetes sejumlah 20 % dibarengi penyakit jantung. 

3. Perbaiki pola berdiet 

Berbagai hal yang perlu dikerjakan dalam soal pembenahan diet serta pilihan makanan diantaranya mencakup : 
1. Tentukan gandum utuh semacam konsumsi karbohidrat 
Perlindungan terhadapa diabetes untuk tubuh disiapkan oleh mengkonsumsi teratur gandum utuh serta hindari makanan karbohidrat sistem. Kelebihan gandum utuh di banding karbohidrat yang lain ialah ada sisi serat serta dedak yang bakal menyulitkan enzim pencernaan memecah molekul zat tepung jadi glukosa hingga memperlambat penambahan gula darah serta insulin dan turunkan indeks glisemik. Kecuali itu, kandungan vitamin, mineral serta phytochemicals didalam gandum utuh bisa menolong kurangi resiko prediabetes. Jauhi makanan seperti kentang serta nasi lantaran kandungan gulanya yang tinggi serta imbangi dengan ruti konsumsi buah, sayuran serta makanan memiliki serat tinggi yang lain. 

2. Jauhi minuman berkadar gula tinggi serta tentukan air, kopi atau teh 
Minuman berkadar gula tinggi termasuk juga minuman bersoda serta dikemas dalam botol plastik ataupun kaleng. Minuman buah-buahan atau juice paket pula memiliki kandungan kandungan gula tinggi. Konsumsi tipe minuman ini bisa mengakibatkan peradangan, kandungan triglycerides tinggi serta turunkan jumlah kolesterol baik atau HDL dan menambah resistansi pada insulin. 

3. Pastikan tipe makanan yang memiliki kandungan lemak menyehatkan 
Tipe lemak yang baik datang dari ikan serta muncul berbentuk omega-3. Memperbanyak mengkonsumsi makanan dengan lemak sehat ini untuk menolong menghimpit kandungan kolesterol serta gula dalam darah. Jauhi atau batasi mengkonsumsi daging merah serta memperbanyak kacang-kacangan semacam sumber lemak sehat tipe polyunsaturated fats. 

Rutinitas jelek yang lain seperti merokok atau minum alkohol mesti dihentikan untuk menghindari tubuh masuk ke keadaan pra diabetes. 

 

 

Berita / Artikel Lainnya :
* Disclaimer :
  • Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi obat ini berbeda-beda pada setiap orang.